Monday, February 16, 2009

Definisi Internet Marketing

Artikel ini berkaitan dengan definisi intenet marketing
Setidaknya posting ini akan sedikit memberi gambaran yang lebih luas dan paradigma baru tentang dunia internet marketing bagi masyarakat Indonesia.Kemudian perasaan khawatir saya tentang perkembangan internet marketing di Indonesia yang kalau tidak segera mulai diluruskan definisinya, akhirnya akan berakibat fatal.
Seminggu ini saya disibukan oleh beberapa peserta training yang ngotot untuk minta diajarkan tentang internet marketing sehari penuh. Mereka bukan saja berasal dari kota Surabaya saja, bahkan beberapa ada yang dari luar pulau, seperti Sulawesi memberanikan datang ke Surabaya satu hari untuk belajar internet marketing. Awalnya kedatangan mereka saya sambut dengan bangga hati, ternyata orang Indonesia punya semangat belajar yang tinggi mereka datang dari jauh untuk mencari tahu lebih tentang internet marketing. Namun setelah beberapa jam ngobrol, saya sempat tertegun sebentar, ternyata hampir semua yang hadir, datang ke Surabaya dengan paradigma yang sama persis. Bagi mereka, internet marketing itu adalah yang bisa bikin .Mereka berpikir setelah belajar 2 hari dua malam, besoknya bisa langsung dapat uang ratusan juta.Sampai saat ini saya tidak habis pikir dan belum tahu, siapa sih yang awalnya menanamkan dogma ini kepada masyarakat , dan siapa yang harus bertanggung jawab.Saya melarang dengan tegas, ketika salah seorang peserta berniat resign dari perusahaanya gara gara tergiur oleh pendapatan adsense orang lain yang bisa ribuan dollar per minggu.Ironisnya, beberapa masyarakat Indonesia telah mempunyai paradigma yang salah tentang internet marketing. Separuh lebih masyarakat kita beranggapan bahwa internet adalah dunia cepat kaya. Sudah seharunya saya ikut bertanggung jawab.
Alternatif Peluang
Beberapa bulan menjadi trainer Internet Marketing, saya sedikit banyak membaca pengetahuan masyarakat tentang dunia internet marketing, banyak orang beranggapan bahwa internet marketing sebatas dunia cepat kaya mendadak. Setelah saya pelajari, asal usul munculnya paradigma dan dogma yang saya sebutkan diatas adalah sebagai berikut.
1. Si A mendengar informasi dari temanya dan beberapa kegiatan yang berisi penjelasan kalau internet marketing itucara gampang cari uang
2. Si A mencari informasi melalui internet, apa itu dunia internet marketing
3. Si A menemukan beberapa halaman website yang menuliskan, kisah sukses beberapa orang yang berpenghasilan dari internet
4. Hari berikutnya si A semakin tertarik untuk berbisnis di dunia internet, dia mengumpulkan lebih banyak informasi tentang dunia ini melalui searh engine
5. Ironisnya, 8 dari 10 halaman yang Si A kumpulkan adalah halaman yang berisi iming iming untuk cepat kaya di InternetItulah yang terjadi di Indonesia,banyaknya informasi yang mengarah kepada pemupukan paradigma cepat kaya yang membuat sebagian besar orang salah dalam menempatkan strategi berbisnis online. Yang mereka tahu adalah bahwa internet marketing adalah cara cepat kaya dengan google adsense dan sejenisnya….Disini bukan berarti saya melarang untuk bermain affiliate,PPC, etc, atau mengatakan bahwa bohong untuk bisa kaya dari program semacam itu. Tidak, program semacam itu bisa menjadi alternatif pendapatan kita, tetapi dengan satu syarat, kita harus benar benar menguasai tehnik dan cara yang seharusnya di jalankan, baru bisa disebut sebagai bisnis di Internet.Ternyata ada peluang lain yang lebih menjanjikan
Jika kita amati lebih jauh ternyata ada sisi lain dari internet marketing yang mempunyai propek untuk jangka panjang yang lebih meyakinkan. Disini ada sebuah ruang dan peluang untuk memunculkan sebuah bisnis besar, namun jarang disinggung oleh beberapa kalangan.
Masuk ke ‘SELF YOUR ONLINE PRODUCT VIA INTERNET’
Ya, memasarkan produk sendiri ke internet. Banyak alasan orang untuk menghindari bisnis ini, dengan alasan butuh penanganan yang lebih, ribet dan kurang simple. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang memberikan gambaran yang details. Sebenarnya, kesulitan bukan pada proses berjalanya bisnis ini, namun justru pada langkah awal untuk memulai. Dapat dipastikan, ketika kita telah mampu menembus benteng ini, mulai menjual dengan cara sederhana, langkah langkah berikutnya akan terasa mudah.Menghilangkan paradigma bahwa menjual produk sendiri jauh lebih susah untuk memasarkan produk orang lain, itu yang harus dibina. Menjual produk orang lain saja bisa sukses, apalagi kalau memasarkan produk sendiri ya ?Beberapa alasan orang mengabaikan sisi bisnis online ini :
1. Mereka sibuk mencari alasan dan menyusun kata bahwa saya tidak punya produk untuk dipasarkan
2. Membuat website itu susah
3. Perlu modal yang besar
4. Repot mengurus pelanggan
5. Bisnis ini tidak bisa ditinggal atau di ’sambi’
6. TIDAK PERNAH MELIHAT PROSPEK JANGKA PANJANGSeperti biasa, saya tidak pernah memberikan sebuah teori untuk menjawab sebuah pertanyaan klasik. Beberapa contoh dibawah ini akan sedikit membuka paradigma tentang definisi internet marketing sesungguhnya.

No comments: