Monday, February 16, 2009

Search Engine Optimization (SEO)

Tujuan Search Engine Optimization (SEO):

Sudah kita ketahui bahwa Optimasi Search Engine merupakan hal yang sangat penting jika ingin berhasil di dunia internet. Yang jarang disadari adalah menetapkan tujuan utama dari Search Engine Optimization (SEO). Jika kita salah, SEO justru akan memakan banyak waktu dan uang, tanpa hasil yang berarti. Jika dilakukan dengan benar, SEO dipastikan akan sangat membantu bisnis anda.
Tujuan SEO sangat simpel yaitu menarik pengunjung baru ke situs anda, membuat web menjadi mudah ditemukan oleh “pengunjung yang tepat” serta mencoba menyelaraskan prospek dengan apa yang kita tawarkan.SEO bukanlah suatu cara agar kita dapat di list untuk semua keyword yang mungkin. Banyak orang berusaha untuk mendapatkan rangking search engine yang tinggi, untuk keyword sebanyak mungkin. Ini bukan saja pekerjaan yang sangat banyak, tapi juga membuang-buang waktu.Listing untuk keyword sebanyak mungkin bukan sesuatu yang penting. Yang penting adalah website anda dapat di list untuk keyword yang tepat dan ‘mengubah’ pengunjung website anda menjadi pembeli.Jadi bagaimana anda dapat memperbaiki hasil SEO?Buatlah Web yang meyakinkan
Ini adalah langkah yang paling penting. Jika anda mempunyai web yang tidak menarik bagi target pengunjung anda, maka anda tidak perlu bersusah-payah mendapatkan pengunjung. Web anda harus didesign sedemikian rupa sehingga pengunjung akan menjadi pembeli. Anda harus membangun kepercayaan, meyakinkan pengunjung dan cukup mudah digunakan. Cari keyword yang tepat
Cari keyword yang paling baik untuk anda. Cobalah Pay-Per-Click yang ditawarkan oleh Google dan Yahoo, untuk mencari keyword yang tepat bagi situs anda. Perhatikan dan monitor, keyword yang baik, dengan menggunakan tools yang disediakan oleh Google dan Yahoo.

Optimasi web anda dengan keyword ini
Setelah anda mengetahui keyword yang paling banyak meng-konversi pengunjung jadi pembeli, maka saatnya bagi anda untuk mengoptimasi situs anda agar sesuai dengan keyword ini. Promosi di Google atau Yahoo adalah cara agar anda dapat menguji keyword andalan anda. Sementara optimasi web anda bertujuan agar mendapat rangking baik di hasil search engine, tanpa harus mengeluarkan biaya.SEO akan sangat berguna jika anda berkonsentrasi pada tujuan yang benar. SEO adalah improvisasi bisnis anda, bukan menghasilkan traffic sebanyak-banyaknya. Fokus pada target pengunjung yang dinginkan dan keyword yang paling cocok. Anda akan menghemat pekerjaan anda dan tentunya sambil menaikkan profit anda

Definisi Internet Marketing

Artikel ini berkaitan dengan definisi intenet marketing
Setidaknya posting ini akan sedikit memberi gambaran yang lebih luas dan paradigma baru tentang dunia internet marketing bagi masyarakat Indonesia.Kemudian perasaan khawatir saya tentang perkembangan internet marketing di Indonesia yang kalau tidak segera mulai diluruskan definisinya, akhirnya akan berakibat fatal.
Seminggu ini saya disibukan oleh beberapa peserta training yang ngotot untuk minta diajarkan tentang internet marketing sehari penuh. Mereka bukan saja berasal dari kota Surabaya saja, bahkan beberapa ada yang dari luar pulau, seperti Sulawesi memberanikan datang ke Surabaya satu hari untuk belajar internet marketing. Awalnya kedatangan mereka saya sambut dengan bangga hati, ternyata orang Indonesia punya semangat belajar yang tinggi mereka datang dari jauh untuk mencari tahu lebih tentang internet marketing. Namun setelah beberapa jam ngobrol, saya sempat tertegun sebentar, ternyata hampir semua yang hadir, datang ke Surabaya dengan paradigma yang sama persis. Bagi mereka, internet marketing itu adalah yang bisa bikin .Mereka berpikir setelah belajar 2 hari dua malam, besoknya bisa langsung dapat uang ratusan juta.Sampai saat ini saya tidak habis pikir dan belum tahu, siapa sih yang awalnya menanamkan dogma ini kepada masyarakat , dan siapa yang harus bertanggung jawab.Saya melarang dengan tegas, ketika salah seorang peserta berniat resign dari perusahaanya gara gara tergiur oleh pendapatan adsense orang lain yang bisa ribuan dollar per minggu.Ironisnya, beberapa masyarakat Indonesia telah mempunyai paradigma yang salah tentang internet marketing. Separuh lebih masyarakat kita beranggapan bahwa internet adalah dunia cepat kaya. Sudah seharunya saya ikut bertanggung jawab.
Alternatif Peluang
Beberapa bulan menjadi trainer Internet Marketing, saya sedikit banyak membaca pengetahuan masyarakat tentang dunia internet marketing, banyak orang beranggapan bahwa internet marketing sebatas dunia cepat kaya mendadak. Setelah saya pelajari, asal usul munculnya paradigma dan dogma yang saya sebutkan diatas adalah sebagai berikut.
1. Si A mendengar informasi dari temanya dan beberapa kegiatan yang berisi penjelasan kalau internet marketing itucara gampang cari uang
2. Si A mencari informasi melalui internet, apa itu dunia internet marketing
3. Si A menemukan beberapa halaman website yang menuliskan, kisah sukses beberapa orang yang berpenghasilan dari internet
4. Hari berikutnya si A semakin tertarik untuk berbisnis di dunia internet, dia mengumpulkan lebih banyak informasi tentang dunia ini melalui searh engine
5. Ironisnya, 8 dari 10 halaman yang Si A kumpulkan adalah halaman yang berisi iming iming untuk cepat kaya di InternetItulah yang terjadi di Indonesia,banyaknya informasi yang mengarah kepada pemupukan paradigma cepat kaya yang membuat sebagian besar orang salah dalam menempatkan strategi berbisnis online. Yang mereka tahu adalah bahwa internet marketing adalah cara cepat kaya dengan google adsense dan sejenisnya….Disini bukan berarti saya melarang untuk bermain affiliate,PPC, etc, atau mengatakan bahwa bohong untuk bisa kaya dari program semacam itu. Tidak, program semacam itu bisa menjadi alternatif pendapatan kita, tetapi dengan satu syarat, kita harus benar benar menguasai tehnik dan cara yang seharusnya di jalankan, baru bisa disebut sebagai bisnis di Internet.Ternyata ada peluang lain yang lebih menjanjikan
Jika kita amati lebih jauh ternyata ada sisi lain dari internet marketing yang mempunyai propek untuk jangka panjang yang lebih meyakinkan. Disini ada sebuah ruang dan peluang untuk memunculkan sebuah bisnis besar, namun jarang disinggung oleh beberapa kalangan.
Masuk ke ‘SELF YOUR ONLINE PRODUCT VIA INTERNET’
Ya, memasarkan produk sendiri ke internet. Banyak alasan orang untuk menghindari bisnis ini, dengan alasan butuh penanganan yang lebih, ribet dan kurang simple. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang memberikan gambaran yang details. Sebenarnya, kesulitan bukan pada proses berjalanya bisnis ini, namun justru pada langkah awal untuk memulai. Dapat dipastikan, ketika kita telah mampu menembus benteng ini, mulai menjual dengan cara sederhana, langkah langkah berikutnya akan terasa mudah.Menghilangkan paradigma bahwa menjual produk sendiri jauh lebih susah untuk memasarkan produk orang lain, itu yang harus dibina. Menjual produk orang lain saja bisa sukses, apalagi kalau memasarkan produk sendiri ya ?Beberapa alasan orang mengabaikan sisi bisnis online ini :
1. Mereka sibuk mencari alasan dan menyusun kata bahwa saya tidak punya produk untuk dipasarkan
2. Membuat website itu susah
3. Perlu modal yang besar
4. Repot mengurus pelanggan
5. Bisnis ini tidak bisa ditinggal atau di ’sambi’
6. TIDAK PERNAH MELIHAT PROSPEK JANGKA PANJANGSeperti biasa, saya tidak pernah memberikan sebuah teori untuk menjawab sebuah pertanyaan klasik. Beberapa contoh dibawah ini akan sedikit membuka paradigma tentang definisi internet marketing sesungguhnya.

Internet Advertising Beserta Strateginya

Bagaimanakah sebenarnya konsep periklanan di dunia Internet?
Bagaimana para web marketer menentukan harga iklan banner mereka? Hal-hal mendasar seperti ini ternyata masih belum banyak diketahui para pengiklan yang ingin memasang iklan di Internet. Anggapan orang saat ini, periklanan di Internet hanyalah sekedar memindahkan media tempat beriklan dari media cetak atau elektronik biasa, ke media online yang lebih interaktif. pengiklan dan pemilik situs saat ini kebanyakan masih memiliki pikiran bahwa beriklan di Internet akan sama hasilnya dengan beriklan di media biasa. Padahal ada banyak fitur unik yang ada dalam periklanan di web. Selain lebih menarik, periklanan di web juga lebih interaktif. Anda bisa mengetahui dengan tepat keefektifan sebuah iklan Anda yang Anda pasang di web tertentu; misalnya berapa jumlah pengunjung yang melihat iklan Anda, atau berapa jumlah klik yang diperoleh iklan Anda. Bagi situs penerbitan online, memuat iklan banner selain memberikan keuntungan juga akan semakin mudah untuk dilakukan. Saat ini dengan menggunakan berbagai software manajemen iklan yang tersedia, pemasangan dan pencabutan iklan dapat dilakukan secara otomatis. Tak ada lagi kesulitan dan kerepotan mengatur pemasangan dan pencabutan sebuah iklan banner. Sering juga pemilik situs menetapkan harga yang tinggi untuk pemasangan iklan di situsnya, dan menunjukkan serangkaian angka hit rate atau page view yang besar untuk menyatakan betapa besarnya lalu lintas pengunjung di situs mereka. Memang angka hit dan page view yang besar bisa menunjukkan jumlah pengunjung yang besar di situs tersebut, tapi tidak selalu demikian. Hit bisa diartikan sebagai permintaan sebuah item dari suatu server web. Misalnya, jika pengunjung memanggil sebuah halaman dengan empat buah gambar, maka akan dihasilkan 5 hit; satu buat halaman, dan 4 buat gambarnya. Untuk itu, hit bukanlah petunjuk yang baik untuk mengukur lalu lintas di sebuah situs web, karena tidak menunjukkan jumlah pengunjung yang sebenarnya. Page View diartikan sebagai jumlah pengaksesan sebuah halaman web. Berbeda dengan hit, page view hanya menghitung jumlah berapa kali sebuah halaman diakses, sementara hit menghitung seluruh elemen yang ada dalam sebuah halaman, termasuk gambar. Namun page view pun menjadi sangat sulit untuk diukur, karena halaman juga termasuk frame yang membaginya menjadi beberapa bagian. Lalu apa yang bisa dipegang sebagai indikator tingginya lalu lintas pengunjung di sebuah situs web? Memang semua hal di atas bisa dijadikan indikator besarnya jumlah pengunjung sebuah situs. Tapi angka-angka itu sendiri tidaklah mutlak, karena banyak unsur yang terdapat dalam indikator tersebut yang membuatnya tampak begitu besar. banyak cara penghitungan yang bisa diterapkan untuk iklan di Internet. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem cost per thousand impressions (CPM). Artinya iklan dijual berdasarkan setiap seribu impresi yang diperoleh. Tentu saja CPM iklan juga akan ditentukan oleh posisi yang ditempati iklan tersebut. CPM merupakan metode yang umum digunakan oleh para marketing bidang Internet untuk menentukan harga sebuah iklan banner di Internet. Situs yang memuat iklan akan menjamin para pengiklan bakal mendapatkan sejumlah impresi (jumlah berapa kali sebuah iklan banner di-download dan kemungkinan terlihat oleh pengunjung). Kemudian menetapkan harga pemuatan iklan tersebut berdasarkan jaminan jumlah impresi dikali dengan tingkat CPM-nya. Misalnya, sebuah situs yang mempunyai tingkat CPM $25 dan menjamin 600.000 impresi akan mengenakan biaya sebesar $15.000 (hitungannya adalah $25 x 600). Artinya setiap 1000 impresi yang didapat pengiklan harus membayar sebesar $25. Apakah Impresi? Impresi atau impression, adalah satuan kemunculan sebuah iklan banner pada sebuah halaman web yang diakses. Pengiklan menggunakan impresi untuk mengukur jumlah view yang didapat oleh iklan mereka, dan penerbit akan menjual space iklan menurut jumlah impresi yang dihasilkan. Memang agak sulit untuk mengetahui, apakah sebuah impresi benar-benar berarti bahwa seorang pengunjung telah melihat iklan tersebut atau tidak, karena mereka bisa saja melakukan browsing tanpa gambar atau tidak menggulung layar cukup jauh ke bawah, sehingga iklan menjadi tidak terlihat. Impresi dilacak dengan menggunakan sebuah log yang terus dicatat oleh server. beberapa model periklanan di internet. Pertama, periklanan pasif. Disini pengiklan menempatkan informasi pemasaran dan periklanan di situs web mereka dan mengundang pelanggan potensial untuk masuk ke dalamnya dan memperoleh informasi secara cuma-cuma. Pengkomunikasian situs web dilakukan dengan cara memberikan alamat web perusahaan tersebut pada Model yang kedua adalah pemasangan iklan pada situs web yang banyak dikunjungi oleh users. Seperti halnya media tradisional, pengiklan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjungan ke situs web tempat pemasangan iklan. Bila pengunjung tertarik pada gambar yang ditampilkan pada banner iklan, maka diharapkan pengunjung situs tersebut akan merespon dengan mengklik banner dan surfing pada website pengiklan.
Jenis-jenis iklan di internetpun beragam, dan bahkan, sejauh bentuk yang diinginkan oleh pengiklan dapat diakomodasi secara teknis, maka iklan tersebut dapat diwujudkan. Di Kompas Cyber Media, ada beberapa jenis iklan: iklan banner, iklan layer, iklan baris. Yang terbaru adalah iklan advertorial, dimana perusahaan dapat menayangkan berita-berita mengenai perusahaannya didalam rubrik-rubrik Kompas Cyber Media yang dipilih. Selain itu, perusahaan juga dapat membuka rubrik konsultasi di Kompas Cyber Media. Dengan biaya yang sangat murah, iklan dilihat oleh target audience yang berkualitas (berpendidikan tinggi, penghasilan menengah keatas) dan jangkauannya sangat luas: dalam dan luar negeri. Keefektifan Iklan di Internet Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa web advertising lebih efektif apabila dibandingkan dengan traditional advertising pada point-point sebagai berikut:
Mencapai high quality customers: web surfer pada umumnya berasal dari high income earners, educated, technologically savvy (IAB - Internet Advertising Bureau, www.iab.net). Konsumen yang benar-benar terfokus (targetted customers). Dengan menempatkan iklan / promosi pada halaman internet yang spesifik, maka perusahaan anda akan mencapai konsumen secara lebih spesifik. Dengan menempatkan iklan / promosi pada halaman internet yang spesifik, maka perusahaan anda akan mencapai konsumen secara lebih spesifik. Di Kompas Cyber Media, pengiklan dapat mengambil manfaat dari banyaknya tingkat kunjungan yang rata-rata perhari mencapai 1.5 juta. Bahkan, diwaktu peak season, tingkat kunjungan bisa mencapai 2 juta perhari! Pengunjungnya juga berkualitas (lihat statistik) dan yang paling penting, semua iklan akan mendapatkan statistik mingguan. Dengan statistik tersebut, pengiklan mendapatkan data berapa banyak iklan mereka dilihat dan diakses oelh users. Dan lebih penting lagi, data tersebut dapat menjadi bahan analisa untuk strategi periklanan dan komunikasi mereka. Seperti yang dikemukakan oleh beberapa kalangan diluar negeri, iklan di internet memang lebih efektif bila dibandingkan dengan media tradisional. Hanya saja, di Indonesia pengertian ini memang harus lebih dikomunikasikan, karena masih banyak perusahaan yang belum memahami pentingnya internet sebagai sarana promosi dan komunikasi perusahaan mereka. Yang menerik lagi, dari laporan eMarketer tersebut diketahui bahwa rata-rata user internet melihat 610 iklan online perhari. Sayangnya, saat ini masih terdapat 74 persen space iklan pada situs internet yang tidak laku terjual. Empat puluh tahun yang lalu, televisi disebut-sebut sebagai media baru. Televisi kabel menyandang nama yang sama belas tahun yang lalu. Sekarang, sebutan itu disematkan kepada Internet. Tidak berlebihan kiranya bila belahan dunia Barat dan ini mulai menggejala di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia--perusahaan-perusahaan besar dan menengah mulai melirik media baru ini sebagai bagian integral dalam perencanaan strategi periklanannya. Pertanyaannya kemudian, mengapa para pengiklan mulai dan bahkan keranjingan menjadikan internet sebagai tempat beriklan mereka? Setidaknya ada tiga jawaban yang bisa diberikan, yaitu (1) Migrasi khalayak televisi ke internet; (2) pertumbuhan media internet yang paling cepat dalam sejarah; (3) Banner dalam iklan internet mempunyai kemungkinan lebih tinggi dalam membangun brand awareness yang lebih dasyat dibandingkan televisi dan media cetak. Di sisi lain, perlahan tapi pasti, khalayak televisi pun bermigrasi ke internet. Hingga tahun 1999, misalnya, diperkirakan 80 juta rakyat Amerika Serikat telah terhubungkan dengan internet. Penelitian yang dilakukan Nielsen dan CommerceNet menunjukkan bahwa khalayak online di Amerika Utara bertambah dua kali lipat hanya dalam tempo 18 bulan. Sementara di Indonesia sendiri, jumlah pengunjung internet terus bertambah, mencapai ratusan ribu netter. Fakta lain yang tidak bisa dinafikan adalah para netter biasanya merupakan kaum terdidik dengan pendapatan tinggi. Mereka tentunya merupakan target empuk bagi pemasaran produk dan jasa perusahaan. Periklanan di internet (internet advertising) bermula pada tahun 1994, ketika iklan banner pertama kali dijual dan komersialisasi pertama dimungkinkan di Web browser, yang dilakukan oleh Netscape Navigator 1.0. Kemudian, berdasarkan penelitian yang dilakukan Mary Meeker, Managing Director Morgan Stanley dan timnya, mereka memperkirakan bahwa hanya dalam tempo lima tahun, internet telah berhasil merengkuh pengguna sebanyak 50 juta orang. Sementara televisi membutuhkan 13 tahun dan radio 38 tahun untuk mencapai jumlah tersebut. Dashyatnya, berbagai penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa para pengguna internet biasanya tergolong kaum muda, terdidik dan dengan pendapatan tinggi. Ini tentunya merupakan sasaran empuk bagi para tenaga pemasaran. Sejak pertama kali pendekatan komersial diberlakukan di halaman Web, harga iklan banner telah menjadi bahan perdebatan. Banyak orang merasa bahwa ukuran banner terlalu kecil untuk menunjukkan merek dan memungkinan terjadinya akses ke web pengiklan (click through). Namun, bersamaan dengan dipublikasikannya berbagai hasil penelitian, keraguan terhadap efektifitasan banner ini kian terpupus. Penelitian yang dilakukan Millward Brown International pada tahun 1996 menunjukkan bahwa eksposur tunggal di sebuah banner Web lebih menghasilkan awareness dibandingkan eksposur tunggal di televisi atau iklan media cetak. Berbagai fakta di atas menunjukkan bahwa internet/Web akan menjadi salah satu alat pembagunan merek (brand) yang handal. Karena itu, mengapa Anda tidak memulai beriklan di internet? Banyak pilihan tempat untuk Anda beriklan, dan salah satunya adalah Kompas Cyber Media. Kompas Cyber Media menawarkan berbagai bentuk dan jenis iklan, mulai dari iklan banner sampai ke pembuatan situs sendiri dan pembuatan programAnggapan orang saat ini, periklanan di Internet hanyalah sekadar memindahkan media tempat beriklan dari media cetak atau elektronik biasa, ke media online yang lebih interaktif. pengiklan dan pemilik situs saat ini kebanyakan masih memiliki pikiran bahwa beriklan di Internet akan sama hasilnya dengan beriklan di media biasa. Padahal ada banyak fitur unik yang ada dalam periklanan di web. Selain lebih menarik, periklanan di web juga lebih interaktif. Anda bisa mengetahui dengan tepat keefektifan sebuah iklan Anda yang Anda pasang di web tertentu; misalnya berapa jumlah pengunjung yang melihat iklan Anda, atau berapa jumlah klik yang diperoleh iklan Anda. Bagi situs penerbitan online, memuat iklan banner selain memberikan keuntungan juga akan semakin mudah untuk dilakukan. Saat ini dengan menggunakan berbagai manajemen iklan yang tersedia, pemasangan dan pencabutan iklan dapat dilakukan secara otomatis. Tak ada lagi kesulitan dan kerepotan mengatur pemasangan dan pencabutan sebuah iklan banner. Sering juga pemilik situs menetapkan harga yang tinggi untuk pemasangan iklan di situsnya, dan menunjukkan serangkaian angka hit rate atau yang besar untuk menyatakan betapa besarnya lalu lintas pengunjung di situs mereka. Memang angka hit dan page view yang besar bisa menunjukkan jumlah pengunjung yang besar di situs tersebut, tapi tidak selalu demikian.Hit bisa diartikan sebagai permintaan sebuah item dari suatu server web. Misalnya, jika pengunjung memanggil sebuah halaman dengan empat buah gambar, maka akan dihasilkan 5 hit; satu buat halaman, dan 4 buat gambarnya. Untuk itu, hit bukanlah petunjuk yang baik untuk mengukur lalu lintas di sebuah situs web, karena tidak menunjukkan jumlah pengunjung yang sebenarnya. diartikan sebagai jumlah pengaksesan sebuah halaman web. Berbeda dengan hit, page viewhanya menghitung jumlah berapa kali sebuah halaman diakses, sementara hit menghitung seluruh elemen yang ada dalam sebuah halaman, termasuk gambar. Namun page view pun menjadi sangat sulit untuk diukur, karena halaman juga termasuk frame yang membaginya menjadi beberapa bagian. banyak cara penghitungan yang bisa diterapkan untuk iklan di Internet. Salah satunya adalah dengan menggunakan sistem cost per thousand impressions (CPM). Artinya iklan dijual berdasarkan setiap seribu impresi yang diperoleh. Tentu saja CPM iklan juga akan ditentukan oleh posisi yang ditempati iklan tersebut. CPM merupakan metode yang umum digunakan oleh para marketing bidang Internet untuk menentukan harga sebuah iklan banner di Internet. Situs yang memuat iklan akan menjamin para pengiklan bakal mendapatkan sejumlah impresi (jumlah berapa kali sebuah iklan banner di-downloaddan kemungkinan terlihat oleh pengunjung). Kemudian menetapkan harga pemuatan iklan tersebut berdasarkan jaminan jumlah impresi dikali dengan tingkat CPM-nya. Misalnya, sebuah situs yang mempunyai tingkat CPM $25 dan menjamin 600.000 impresi akan mengenakan biaya sebesar $15.000 (hitungannya adalah $25 x 600). Artinya setiap 1000 impresi yang didapat pengiklan harus membayar sebesar $25. Apakah Impresi? Impresi atau impression, adalah satuan kemunculan sebuah iklan banner pada sebuah halaman web yang diakses. Pengiklan menggunakan impresi untuk mengukur jumlah view yang didapat oleh iklan mereka, dan penerbit akan menjual space iklan menurut jumlah impresi yang dihasilkan. Memang agak sulit untuk mengetahui, apakah sebuah impresi benar-benar berarti bahwa seorang pengunjung telah melihat iklan tersebut atau tidak, karena mereka bisa saja melakukan browsing tanpa gambar atau tidak menggulung layar cukup jauh ke bawah, sehingga iklan menjadi tidak terlihat. Impresi dilacak dengan menggunakan sebuah log yang terus dicatat oleh server.